• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Gebyar Ekspo Perguruan Tinggi Di SMAN 4 Malang

expo-web

Di era globalisasi yang ditandai dengan semakin gencarnya arus komunikasi dan informasi saat ini, menuntut kesediaan umat manusia untuk berdaya saing tinggi di segala lini kehidupan agar bisa terus eksis di tengah percaturan global.

Menyadari hal ini, sebagai lembaga pendidikan yang bertugas mencetak sumber insani bangsa yang handal, SMAN 4 Malang tidak mau kehilangan kesempatan untuk mengisi semangat persaingan global dan berdaya saing tinggi tersebut. Inilah yang kemudian SMAN 4 Malang menggelar Ekspo Perguruan Tinggi (PT) di Aula Tugu, Sabtu (24/9/2016).

Kegiatan Ekspo PT yang digelar dari pukul 08.30-16.00 WIB oleh SMAN 4 Malang kali ini diikuti 21 PT, baik negeri maupun swasta. Mulai dari PT dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, hingga PT yang merupakan agen PT luar negeri, seperti Amerika, Australia, New Zealand, Malaysia, Singapura dan negara-negara Eropa, seperti Inggris, Italia, dan Swiss.

Sementara penyelenggara Ekspo PT sendiri dinakhkodai oleh tim dari Bimbingan Konseling (BK) SMAN 4 Malang dengan dibantu tim panitia dari unsur guru, karyawan, dan siswa (Osis).

Sebagaimana diketahui, Ekspo Perguruan Tinggi (PT) oleh Tim BK tahun 2016 ini adalah untuk yang kedua kali. Ekspo yang sama dan pertama, dirintis dan dimulai pada tahun 2015.

Menurut ketua Panitia Ekspo Perguruan Tinggi 2016, Evva, S.Pd., kegiatan spektakuler tersebut tidak lain dimaksudkan sebagai bentuk ihtiyar SMAN 4 Malang dalam membangun dan menjalin intensitas komunikasi antar lembaga pendidikan, yaitu antara pihak SMAN 4 Malang sendiri dengan Perguruan Tinggi, baik swasta maupun negeri.

“Ekspo Perguruan Tinggi (PT) 2016 ini adalah sebagai wujud pengikat (komunikasi) antara lembaga sekolah dan PT agar siswa memperoleh informasi studi lanjut stelah lulus dari SMAN 4 Malang”, kata salah seorang guru BK Stetsa dalam sambutan pembuka Ekspo PT.

Sementara Kepala SMAN 4 Malang, pak Budi Prasetyo Utomo, S.Pd., M.Pd. (pak Budi) mengatakan bahwa Ekspo PT oleh SMAN 4 Malang ini merupakan wujud kesiapan diri dalam persaingan global di dunia pendidikan. Sebab itu pak Budi menegaskan, di era global saat ini perlu bagi insan pendidikan, khususnya Stetsa (sebutan SMAN 4 Malang) untuk mempersiapkan peserta didik sejak awal dalam meniti karier. Salah satunya adalah akses informasi melalui Ekspo PT.

“Oleh sebab itu dalam menempuh kariernya, siswa harus (diperkenalkan, red) memulai dari sekarang, agar mereka sejak awal bisa menentukan pilihan masa depan pendidikannya sesuai dengan jurusan yang diminati”, katanya.

Argumentasi pak Budi di atas cukup beralasan, karena menurutnya tidak jarang siswa/i yang lulus dan kemudian studi lanjut ke Perguruan Tinggi, niatnya hanya ikut-ikutan dengan teman. Bahkan menurutnya hanya bermodal asal ingin saja.

“Oleh sebab itu, harapan saya dan kita semua, Ekspo PT ini bisa memberikan gambaran kepada para siswa tentang profesi apa yang akan diterjuni nanti. Sehingga pada akhirnya mereka bisa bekerja sesuai bidangnya masing-masing dengan semangat profesionalisme yang tinggi”, kata pak Budi.

Tidak hanya berupa harapan, pak Budi juga berpesan kepada seluruh peserta Ekspo PT agar bisa memberikan informasi secara detail kepada para siswa.

“Kepada seluruh peserta Ekspo PT saya harapkan bisa memberikan informasi detail tentang lembaga pendidikan masing-masing saat presentasi di depan siswa”, pesan pak Budi kepada peserta Ekspo PT. [*]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>