• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Idul Qurban, Momen Pengembangan Pendidikan Karakter

IMG_4683

IMG_4666

IMG_4667

IMG_4697

IMG_4711

“Idul Qurban, Momen Pengembangan Pendidikan Karakter”

Syiar Islam dengan kumandang takbir mengiringi prosesi penyembelihan hewan qurban di SMAN 4, Sabtu pagi, 2/9/1017. Kegiatan penyembelihan hewan qurban pada Idul Adha kali ini menyembelih 3 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Untuk hewan qurban berupa sapi berasal dari qurban bapak dan ibu guru SMAN 4 Malang (7 orang), alumni, dan dari infaq para siswa/i SMAN 4 Malang.

Sementara 11 ekor kambing berasal dari kelas X IPS-2 (1 ekor), gabungan kelas G-3 dan X IPA-3 (1 ekor), Salsabila Almira, putri pak Dony, Waka Humas (1 ekor), Bagas (siswa kelas G-5), Bu Winny, Andika Reva Pradana (siswa kelas F-5). Sedang 5 ekor kambing sisanya berasal dari alumni SMAN 4 Malang (2 ekor kambing) masing-masing atas nama bapak Dwi Cahyono dan ibu Sri Lestariati dan 3 ekor kambing dari sisa pembelihan seekor sapi hasil infaq siswa siswa/i SMAN 4 Malang.

Sebelum prosesi penyembelihan hewan qurban dilaksanakan, panitia idul qurban mengawali dengan rangkaian acara pembuka terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan serah terima hewan qurban dari alumni kepada SMAN 4 Malang. Dari Alumni diwakili ketua Ikatan Keluarga Alumni Stetsa (IKA STETSA), bapak Dwi Cahyono. Sementara dari pihak sekolah diwakili langsung oleh kepala SMAN 4 Malang, bapak Budi Prasetyo Utomo.

Dalam sambutan penyerahan hewan qurban, bapak Dwi Cahyono menyampaikan rasa bahagianya bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bernilai religius ini. Beliau juga menyampaikan, momen spesial seperti ini bisa terlaksana karena memiliki ikatan emosional dengan sesama alumni dan ikatan dengan almamaternya dulu, SMAN 4 Malang.

Sementara kepala sekolah SMAN 4 Malang, bapak Budi Prasetyo Utomo, S.Pd. M.Pd, dalam sambutan penerimaan hewan qurban dari alumni mengucapkan banyak terimakasih sekaligus merasakan ada semangat kebersamaan yang luar biasa.

“Saya semakin merasakan, ketika tiap hari ada komunikasi dengan para alumni, di situlah saya merasakan ada semangat tersendiri untuk terus menjalin berbagai bentuk kerjasama dan patisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah”, katanya.

Bagi pak Budi, begitu beliau familiar dipanggil, jalinan komunikasi yang baik dengan alumni bisa menjadi semangat tersendiri dalam melaksanakan berbagai kegiatan sekolah, termasuk dalam kegiatan yang bernuansa agama kali ini. Beliau menuturkan; “komunikasi yang baik antara kami dengan alumni bisa memberikan support tersendiri bagi kami dalam melaksanakan berbagai kegiatan sekolah”, tegasnya.

Pak Budi juga menyinggung bahwa momen idul qurban dimana para siswa SMAN 4 Malang juga ikut berpartisipasi dalam realisasi kegiatan tersebut, bisa dijadikan sebagai pengembangan pendidikan karakter.

“Semoga momen idul qurban ini selain bernilai ibadah kepada Allah juga bisa dijadikan kebanggaan bagi kita (warga sekolah, red.) dalam mengembangkan pendidikan karakter”, harapnya.

Lebih jauh pak Budi juga berharap, melalui momen idul qurban yang bisa dijadikan pendidikan karakter tersebut lambat laun bisa menjadi kebiasaan dan pada akhirnya bisa menjadi budaya hidup warga sekolah. “Semoga menjadi kebiasaan dan setelah itu menjadi budaya yang mulia di lingkungan sekolah”, pungkasnya (basthomi)*.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>