• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Pekan Demokrasi, Harapkan STETSA Lebih Baik

pds1

Sebuah kesempatan untuk sekolah tercinta SMA Negeri 4 Malang, berpartisipasi mencari sosok pemimpin muda yang teladan, dapat memberikan yang lebih baik untuk STETSA kedepannya.  Pasalnya,  acara kali ini menjadi suatu agenda tahunan di SMA Negeri 4 Malang. Dapat disebut dengan nama ‘Pekan Demokrasi’, inilah acara yang dipersiapkan oleh segenap panitia MPK SMA Negeri 4 Malang. Tak lupa dengan dukungan masyarakat sekolah, kegiatan ini dapat terlaksana.

Pekan demokrasi ini, dilaksanakan atas dua bagian. Tanggal 20 September 2018, acara debat antar keempat calon ketua OSIS dilaksanakan.  Kemudian,  pada tanggal 24  September 2018, dilaksanakannya pemilihan ketua OSIS. Pastinya tak kalah seru,  tema pekan demokrasi kali ini ‘One Step to Make A Change’.

Kamis (20/09/18), bertempat di Aula Tugu, terlihat segerombol siswa siap berpatisipasi dalam salah satu potongan acara pekan demokrasi STETSA. Tampaknya, acara ini terbagi menjadi beberapa sesi agar lebih mudah terlaksana. Sekitar pukul sebelas siang, dibuka dengan sepasang MC  yang kerap dipanggil Aulia dan Fafa, mereka katakan siap menemani warga STETSA selama debat calon ketua OSIS berlangsung. Untuk menambah semangat, dipimpin oleh dirigen yang telah siap didepan panggung,  dinyanyikannya lagu Indonesia Raya serempak diikuti seluruh hadirin di aula. Menyempatkan diri, sang ketua MPK Masa Bhakti 2018-2019 serta perwakilan sekolah berikan sambutan singkat pada para hadirin.

Masuk dalam inti acara, debat dimoderatori oleh ibu guru yang kerap dipanggil Ibu Nanda, dimulai lah pembacaan tata cara dan aturan-aturan selama pelaksanaan debat. Berbicara mengenai calon ketua OSIS,  sepasang kandidat nomor satu bernama Alif Ade dan Nindyanne Fadhilla. Kemudian nomor urut dua, Faisal Rahardi dan Adhita Putri.  Pasangan nomor tiga, Shalihudin Tanthawi Anam dan Misbachul Rifani. Dan yang terakhir,  Hikmawan Naufanda dengan Fajariyah Ramadhani.

Keempat calon ketua OSIS STETSA, telah mempersiapkan segala visi dan misi mereka. Pastinya, semua memiliki visi dan misi yang siap untuk memajukan SMA Negeri 4  Malang. Sebelum persaingan sehat itu dimulai, ditayangkan video untuk mengenalkan visi dan misi masing-masing kandidat.  Tak hanya melalui video, setiap kandidat telah melakukan kampanye melewati media-media yang dapat dimanfaatkan.

“STETSA, jaya!  STETSA, jaya! STETSA, luar biasa!” Itulah jargon penyemangat sebelum dimulainya perdebatan.

pds 3

Penyampaian Visi dan Misi salah satu pasangan kandidat (kandidat nomor 2)

Masuk pada sesi-sesi debat,  tak hanya diam menyaksikan, warga STETSA juga memiliki kesempatan untuk bertanya kepada masing-masing kandidat.

Salah satunya Halim, perwakilan kelas XII ikut antusias acungkan tangan bertanya, “ Jika kita ingin mengadakan atau kalian ingin mengadakan event tetapi, pihak kepentingan sekolah berbeda pendapat/ tidak setuju meski telah bersikeras, apa yang akan kalian lakukan?”

pds 4

(Serempak menyanyikan Mars STETSA)

“Guru dan OSIS punya visi yang berbeda. OSIS akan bersosialisasi tentang visi misi nya sehubungan dengan pengadaan event tersebut, sehingga dapat lebih meyakinkan pihak kepentingan sekolah,” spontan, jawaban inilah yang diberikan oleh kandidat nomor satu. Hingga debat kian memanas terbukti bahwa, siswa-siswi SMA Negeri 4 Malang memang luar biasa antusias. Usai acara, ditutuplah dengan jargon STETSA serta Mars STETSA.

Namun, ‘pekan demokrasi’ ini belum berakhir, masih ada hari coblos alias pemilihan ketua OSIS (PILKOSIS) yang menjadi puncak penentuan. Penuh dengan antrean siswa-siswi sejak pagi itu (24/09/18), ruang yang digunakan untuk memilih kandidat, telah dipersiapkan semaksimal mungkin oleh para panitia. Fokus pada pilihan sesuai hati nurani, LUBERJURDIL, dan, tentunya tidak GOLPUT itu yang harus diutamakan. Hingga tiba, hari setelah pemilihan (25/08/18) terpilihnya pasangan Ketua OSIS SMA Negeri 4 Malang Masa Bhakti 2018-2019 dengan perolehan suara 405/ 44,8% diraih oleh Faisal Rahardi dan Adhita Putri (kandidat nomor 2). Berakhir sudah rangkaian acara ‘pekan demokrasi’ dengan harapan, siapa yang telah terpilih dapat menjalankan visi dan misinya dengan lebih baik, STETSA JAYA! STETSA JAYA! STETSA LUAR BIASA !!!

Article by : Jurnalistik STETSA (Dinar/XI MIPA 5 & Aviana/XI MIPA 4)

Photo by : Fast.co

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>