• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Stetsa Goes to University and Tour to Jogja!

jogja2

Pada tahun ini, siswa dan siswi kelas 12 SMAN 4 Malang berkesempatan untuk mengunjungi salah satu kota pendidikan yang berada di Jawa Tengah yaitu, Kota Yogyakarta. Kegiatan yang digagas oleh Bimbingan Konseling SMAN 4 Malang serta diketuai oleh kedua pihak panitia pelaksana (guru dan siswa). Pihak guru, diketuai oleh Doni Andri setiawan kemudian, Halim Susilo sebagai ketua dari siswa-siswi kelas 12. Kegiatan kelas XII ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 10 Oktober sampai 13 Oktober 2018. Stetsa University Tour (SUT) sendiri dibagi dalam dua hari, dimulainya pemberangkatan semalaman pada tanggal 10 Oktober 2018.

Rabu, 11 Oktober 2018

Pada pagi hari, siswa-siswi angkatan ’19 dibawa menuju ke Wonosari yang terletak Kabupaten Gunung Kidul. Di Wonosari, siswa dan siswi diarahkan untuk sarapan pagi di Rumah Makan Pak Kirun.  Tak lupa, siswa dan guru berkesempatan bersih diri di lokasi tersebut.

jogja1

( Foto : Siswa saat berada di Warung Lesehan Pak Kirun)

jogja2

(Foto : Rombongan kelas hendak ikuti Study University)

Tuntas sarapan, seluruh rombongan berangkat menuju salah satu destinasi wisata yang terkenal, yaitu Goa Pindul. Disana siswa-siswi menangkap berbagai informasi mengenai Goa Pindul usut punya usut, goa itu menjadi habitat dari kelelawar pemakan buah buahan. Selain itu, seluruh siswa diajak menyusuri sungai di dalam goa dengan menaiki ban atau bisa disebut dengan cave tubing.

jogja3

(Foto : Salah satu siswa STETSA menyusuri destinasi wisata, Goa Pindul)

Target selanjutnya adalah Pantai Kukup yang ternyata terletak cukup jauh dari Goa Pindul. Pantai Kukup sendiri merupakan pantai selatan yang memiliki ciri khas unik, yaitu terdapat dua bebatuan besar yang terletak di dua sisi. Selain itu, di pantai ini juga banyak menjual hasil laut seperti udang, rumput laut dan ikan sebagai oleh-oleh.

Usai menikmati keindahan Pantai Kukup, siswa-siswi mengunjungi salah satu tempat produksi bakpia dan oleh-oleh lainnya yang masih berada di kawasan Wonosari. Para murid diperkenankan pula mencoba pia sebagai tester. Setelah puas menikmati bakpia dan berbelanja oleh-oleh, generasi muda ini dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang terletak di Bantul dan ditemani oleh senja. Semua pengunjung disini, dapat berfoto dengan puas dilengkapi fasilitas yang cukup bermanfaat. Kemudian, seluruhnya beranjak ke Hotel Grand Palace untuk beristirahat dan makan malam.

jogja4

(Foto : sekumpulan siswa STETSA berfoto ala silhouette pemandangan hutan pinus)

jogja5

(Foto : Para pelajar STETSA menikmati fasilitas di hutan pinus untuk berfoto ria)

 

Kamis, 12 Oktober 2018

Pagi hari, diawali dengan sarapan bersama di lobby hotel. Bersiap untuk check out dari hotel, dilanjut  kegiatan selanjutnya yaitu kunjungan universitas. Kunjungan pertama menuju Universitas Gajah Mada (UGM). Siswa beserta guru pendamping, berkumpul menjadi satu sesuai dengan fakultas yang akan di kunjungi. Aneka ragam fakultas yang dikunjungi yaitu fakultas ekonomi bisnis, fakultas kedokteran dan rektorat. Setelah UGM, para siswa bersiap menuju universitas selanjutnya yaitu Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Kunjungan kali ini, para siswa terbagi menjadi tiga kelompok untuk mengunjungi fakultas yang berbeda beda yaitu, fakultas seni rupa, fakultas seni pertunjukkan dan fakultas seni media rekam.

jogja6

(Foto : kunjungan ke  Universitas Gajah Mada (UGM))

jogja7

(Foto : Kunjungan selanjutnya menuju ISI Yogyakarta)

Akhir dari kunjungan universitas, pelajar angkatan ke 19 ini dibawa menuju tempat makan untuk melakukan ishoma seperti biasanya. Setelah puas mengisi perut dan bersih diri, semua langsung berangkat menuju Malioboro untuk berbelanja oleh oleh dan berfoto-foto ria. Cukup lama waktu yang diberikan untuk jalan jalan di Malioboro bahkan, hingga pukul 9 malam. Setelah berjalan jalan di Malioboro, semua bus mampir ke pusat oleh-oleh yang tak jauh guna membeli oleh-oleh kembali.  Seusai berbelanja, rombongan SMAN 4 Malang langsung pulang kembali ke Malang dan sampai di Kota Malang pukul 6 pagi.

jogja8

(Foto : Siswa mengabadikan momen di Malioboro sebelum waktu kunjungan selesai)

 

Article by : Seluruh anggota Jurnalistik angkatan’19

Dokumentasi : Hanana Rohmani Wafda (angkatan’19)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>