• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Uji Coba TBS dan TBM Puspendik Kemdikbud

WhatsApp Image 2019-09-03 at 08.52.08

Tanggal 3-4 September 2019 kemarin, di SMA Negeri 4 Malang tepatnya di Ruang Labkom 1 dan Labkom 2 telah dilaksanakan Uji Coba Tes Bakat Sklolastik (TBS) dan Tes Bakat Minat (TBM) yang diselenggarakan oleh Puspendik Kemdikbud. SMA Negeri 4 Malang ditunjuk sebagai pelaksana tes ini dan beberapa sekolah lain baik negeri maupun swasta di provinsi Jawa Timur
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 133 orang yang merupakan sampling siswa dari kelas X peminatan Mipa, Ips, Bahasa dan terbagi menjadi 2 sesi ujian setiap harinya.

WhatsApp Image 2019-09-03 at 09.03.08 (1)

WhatsApp Image 2019-09-03 at 09.03.08
Pelaksanaan tes tertib dan lancar, namun beberapa peserta masih bingung bagaimana menjawab soal-soal yang bentuk/modelnya berbeda dengan soal ujian biasanya, ternyata beberapa anak tersebut belum membaca petunjuk informasi soal yang ada di tiap butir soalnya. Setelah membaca informasi petunjuk soal, peserta dapat menjawab soal tersebut.
Adapun tujuan umum dari Tes Bakat Skolastik  adalah mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.
dan tujuan umum dari Tes Bakat Minat adalah mengukur kemampuan seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan sikapnya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.
Sedangkan tujuan khusus dilaksanakannya Uji Coba TBS/TBM ini adalah tim Puspendik bisa mendapatkan informasi karakteristik butir soal yang sedang dikembangkan.

Jika uji coba ini berhasil dan dapat diterapkan kepada seluruh siswa di sekolah maka manfaat yang akan diperoleh antara lain :

1. Memberikan informasi potensi belajar seseorang sehingga akan melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini
2. Menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>