• Telp. (0341) 325267
  • info@sman4malang.sch.id

Pelaksanaan ANBK Tahun 2021

anbk

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. (sumber : https://anbk.kemdikbud.go.id)

Di SMA Negeri 4 Malang  pelaksanaan ANBK Utama tahun ini mengikuti gelombang ke II yaitu pada tanggal 29-30 September 2021 dengan moda Semi Online. Peserta sejumlah 45 orang, dan 5 orang cadangan dari siswa kelas XI hadir ke sekolah untuk mengikuti asesmen. Pelaksanaan ANBK menggunakan 3 ruang yaitu ruang Labkom 1, Labkom 2 dan Multimedia dengan teknisi di ruang masing-masing dan 2 orang proktor. Siswa sudah bersiap dengan tertib di tempat masing-masing pada pukul 07.00 dengan pengawasan silang dari SMA Laboratorium UM.

Saat pelaksanaan asesmen tertib, lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Pada akhirnya sekolah berharap agar hasil yang didapatkan nanti bisa untuk menjadi acuan meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di SMA Negeri 4 Malang

 

Leave a reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>